Thursday, January 2, 2014

Fenomena Umrah Haji Sebagai Gaya Hidup

 Menunaikan ibadah umrah dan haji di jaman yang penuh dengan kemudahan dan fasilitas ini telah menjadi gaya hidup sebagian kaum Muslimin, baik itu pejabat pemerintah, tokoh agama, kalangan selebritis, pengusaha maupun mereka yang berasal dari kalangan awam. Mengunjungi Baitullah (Rumah Allah) bagi mereka sangat mudah dan ringan layaknya mengunjungi rumah kawan,  kenalan atau kerabat di luar desa atau di luar kota.

Dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang dimiliki sehingga mereka mampu haji atau umrah setiap tahunnya. Bahkan juga tidak mengherankan ada yang mampu beberapa kali melaksanakan umrah Plus dalam setahun.

Hal ini merupakan Fenomena pada zaman Modern dengan berbagai kemudahan dan harus disyukuri. Fenomena Umrah Haji ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan semangat keislaman dalam beribadah & beramal menjalankan Umrah Haji di kalangan umat Islam.

Namun fenomena umrah Haji ini juga disisi lain juga harus kita renungkan dan menjadi suatu keprihatinan. Apakah patut menjadikan umrah dan Haji sebagai gaya hidup sedangkan masih banyak saudara-saudara muslim yang menjadi korban peperangan, bencana alam, bencana ekonomi dan bencana sosial? dan jumlah yang membutuhkan ini lebh banyak daripada yang mampu menjadikan umrah dan haji sebagai gaya hidup. Inilah fenomena umrah haji pada zaman modern yang terjadi.

No comments:

Post a Comment