Wednesday, January 29, 2014

Keunggulan-keunggulan yang Membuat Google Nexus 5 Menjadi Smartphone Fenomenal


Google Nexus 5 merupakan perangkat terbaru dari Google yang menjadi fenomena. Perangkat ini telah rilis ke pasaran di beberapa negara pada awal November 2013 lalu. Smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 800 ini pun mendapat sambutan positif dari banyak pengguna. Bukan hanya jeroan yang dilengkapi prosesor quad-core 2.3 GHz serta pengolah kartu grafis Adreno 330 saja yang menjadi kelebihan. Produk ini pun mendapat respon positif karena berbagai kelebihan yang ada didalamnya.
Google Nexus 5  adalah  perangkat yang menjanjikan. Perangkat dengan RAM 2GB ini bisa dikatakan produk yang merupakan evolusi dari pendahulunya, Nexus 4. Namun Nexus 5 jauh unggul lebih baik. Misalnya dalam masalah layar. Perangkat ini mengusung dimensi layar 4,95 inci dengan resolusi  1.920 x1 080 piksel. Kerapatan layarnya pun jauh lebih baik dibandingkan dengan Nexus 4 yaitu 445ppi, Selain itu dalam masalah kamera, Google Nexus 5 ini hadir dengan kamera  8 megapixel yang lebih baik dibandingkan pesaingnya.
Selain keunggulan-keunggulan tersebut, masih ada keunggulan lain yang menjadikan perangkat Google Nexus 5 tampil menarik. Keunggulan-keunggulan tersebut dapat dilihat dari poin-poin berikut.
  • Mudah Diperbaiki
Produk hasil kolaborasi antara LG dan Google ini dianggap sebagai perangkat yang mudah dibongkar pasang. Bahkan sebuah tim yang cukup kredibel, iFixit memberikan nilai 8 dari 10 terhadap perangkat ini.  Hal ini berarti bahwa Google Nexus 5 merupakan perangkat yang mudah diperbaiki. Karena umumnya perangkat canggih, ketika dibongkar sulit untuk dirangkai kembali, maka hal ini merupakan suatu kelebihan. Bandingkan dengan iPad Air yang hanya  mendapat  nilai 2 dari tim iFixit, Tentu Google Nexus 5 ini tergolong baik dalam masalah perangkat kerasnya.
Bukan hanya itu, komponen seperti speaker, jack dan headphone pada  Google Nexus 5 juga tergolong mudah diperbaiki. Tentu jika kompone-komponen itu rusak, pengguna tidak perlu mengambil kocek dana lebih untuk menggantinya. Cukup dengan memperbaiki komponen tersebut, maka komponen-komonen tersebut akan kembali menyala.

  • Lebih Awet Dibandingkan Perangkat Lain
Karena perangkat ini mudah dibongkar pasang, maka efek besarnya adalah perangkat ini termasuk perangkat yang awet. Dengan penggunaan sekrup standar, membuat perangkat ini mudah diperbaiki oleh tim servis. Yang paling penting tentu saja adalah bahwa dengan kemudahan membongkar pasang, komponen penting atau bodi Google Nexus 5 tidak akan mudah rusak.
  • Baterai yang Lebih Tahan Lama
Google Nexus 5 ini  tersedia dalam dua model kapasitas penyimpanan, yakni 16GB dan 32GB. Kapasitas tersebut tentu tergolong besar, Namun yang lebih menarik bukanlah masalah kapasitas penyimpanannya melainkan baterai yang diusung oleh perangkat ini.  Dengan baterai berkapasitas 2.300 mAh,  perangkat ini meiliki daya hidup yang tergolong lama. Pada kondisi siaga dengan menggunakan konektivitas jaringan 3G, perangkat ini mampu bertahan hingga 300 jam.  Ini artinya perangkat ini bisa menyala samaai 12 hari lamanya.
  • Smartphone Android KitKat Pertama
Salah satu kelebihan yang membuat Google Nexus 5 unggul dibandingkan ponsel pintar Android lainnya adalah sistem operasi yang digunakan. Ketika perangkat ponsel pintar lain masih bergelut dengan sistem operasi Android Jelly Bean, Google Nexus 5 hadir dengan sistem operasi terbaru, Android 4.4 KitKat. Tentu hal ini cukup masuk akal,  mengingat produk ini sendiri hasil kolaborasi antara Google dan LG. Jadi tentu ada keistimewaan yang diberikan pada produk ponsel pintar ini.
  • Harga yang Lebih Terjangkau
Jika menilik spesifikasi yang diusung oleh Google Nexus 5, maka perangkat ini bisa dikategorikan sebagai perangkat kelas premium. Secara spesifikasi, Google Nexus 5 akan bersaing dengan Samsung Galaxy S4 dan HTC One. Namun Google Nexus 5 hadir dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar US $349 atau Rp3,9 juta. Badingkan dengan harga Samsung Galaxy S4 dan HTC One yang mencapai harga 7 jutaan. Tentu saja hal ini membuat perangkat Google Nexus 5 menjadi lebih menarik untuk dimiliki dibandingkan perangkat lainnya.
Itulah beberapa keunggulan dari Google Nexus 5. Keunggulan tersebut tampaknya akan menjadikan Google Nexus 5 sebagai perangkat favorit. Bahkan bisa jadi perangkat ini menjadi perangkat ponsel pintar terbaik. Prosesor empat inti, sistem operasi terbaru, baterai yang tahan lebih lama menjadi kelebihan tersendiri. Apalagi perangkat ini dibanderol dengan harga lebih murah. Belum cukup dengan kelebihan tersebut?  Ini fakta terakhir yang menarik, Google Nexus  5 dikabarkan akan menjadi perangkat yang mampu berjalan pada konektivitas 4G. Luar biasa bukan?
Sumber: paseban.com

No comments:

Post a Comment